lanjutan
|
Rabu, 02 Maret 2016
|
pengertian dan fungsi periferal
|
Perangkat Penunjuk
Perangkat penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) adalah perangkat masukan
(lebih spesifiknya, perangkat antarmuka manusia) yang memungkinkan pengguna
untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam suatu
komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI) memungkinkan pengguna
untuk mengendalikan dan memberikan data kepada komputer dengan menggunakan
gestur fisik—tunjuk, klik, dan seret—misalnya dengan menggerakkan tetikus di
atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan tombol pada tetikus tersebut.
Gerakan perangkat penunjuk akan diteruskan ke layar dengan bergeraknya penunjuk
atau kursor serta berbagai perubahan visual lain.
Perangkat penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang
berdasarkan gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu permukaan.
Contoh jenis pertama adalah tetikus dan bola jejak (trackball), sedangkan
contoh jenis kedua adalah bantalan sentuh (touchpad), tablet grafis (graphics
tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol.
Mouse
Sebuah mouse adalah perangkat
genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Sebuah mouse
pointer bergerak grafis dengan menjadi meluncur di permukaan halus. Mouse
roller-bola konvensional menggunakan bola untuk membuat tindakan ini: bola
berada dalam kontak dengan dua lubang kecil yang ditetapkan di sudut kanan satu
sama lain. Saat bola bergerak memutar poros tersebut, dan rotasi diukur oleh
sensor di dalam mouse. Jarak dan arah dari sensor ini kemudian ditransmisikan
ke komputer, dan komputer bergerak pointer grafis pada layar dengan mengikuti
gerakan mouse.
edit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar